-->

Memulai dan Membuka Gambar - CorelDraw


CorelDRAW memungkinkan Anda memulai gambar baru dari halaman kosong, template, atau gambar yang ada. Halaman kosong memberi Anda kebebasan untuk menentukan setiap aspek gambar. Template memberi Anda titik awal dan menyisakan jumlah penyesuaian terserah Anda.

Untuk informasi tentang memulai gambar dari template, lihat Untuk memulai dokumen dari template. Untuk informasi lebih lanjut tentang membuat dan menggunakan template, lihat Bekerja dengan template.

Catatan untuk memulai gambar baru

Ketika memulai gambar baru, CorelDRAW memungkinkan Anda menentukan pengaturan halaman, dokumen, dan manajemen warna. Anda dapat memilih dari daftar pengaturan preset, yang didasarkan pada bagaimana Anda berniat menggunakan gambar. Misalnya, Anda dapat memilih opsi Web jika Anda membuat gambar untuk Internet, atau opsi CMYK Default jika Anda membuat dokumen yang ditujukan untuk pencetakan komersial. Namun, jika pengaturan prasetel tidak cocok untuk gambar yang ingin Anda buat, Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan dan menyimpannya untuk penggunaan di masa mendatang.

Catatan untuk membuka gambar yang ada

Mendasarkan gambar baru pada gambar yang ada memungkinkan Anda menggunakan kembali objek dan pengaturan halaman. CorelDRAW memungkinkan Anda membuka gambar yang ada disimpan ke CorelDRAW (CDR) format serta gambar dan proyek yang disimpan ke berbagai format file seperti Corel DESIGNER (DSF atau DES), Adobe Illustrator (AI), Adobe Portable Document Format (PDF), Encapsulated PostScript (EPS), dan Computer Graphics Metafile (CGM). Namun, Anda mungkin tidak dapat membuka file tertentu, tergantung pada jenis file dan kontennya. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mencoba mengimpor file sebagai objek dalam gambar terbuka. Untuk informasi tentang format file yang dapat Anda impor ke CorelDRAW, lihat Format file yang didukung.

Jika gambar yang Anda buka berasal dari versi CorelDRAW sebelumnya dan berisi teks dalam bahasa yang berbeda dari bahasa sistem operasi Anda, Anda dapat memilih pengaturan halaman kode untuk memastikan teks tersebut dikonversi dengan benar sesuai dengan Standar Unicode. Pengaturan halaman kode membantu Anda menampilkan teks dengan benar seperti kata kunci, nama file, dan entri teks di luar jendela gambar - misalnya, dalam manajer Objek dan perancang data objek dockers. Untuk menampilkan teks dengan benar di jendela gambar, Anda harus menggunakan pengaturan encoding. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Menampilkan teks dengan benar dalam bahasa apa pun.

Jika gambar yang Anda buka berisi profil International Color Consortium (ICC) tertanam, profil warna yang disematkan tetap menjadi profil warna dokumen. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Memahami manajemen warna.

Anda dapat mencari gambar dengan kriteria berbeda, seperti nama file, judul, subjek, penulis, kata kunci, komentar, teks di dalam file, dan properti lain yang dilampirkan pada file. Untuk informasi lebih lanjut tentang mencari file, lihat Bantuan Windows. Untuk informasi lebih lanjut tentang browsing dan mencari konten, lihat Browsing dan mencari konten.

Anda juga dapat menampilkan versi gambar sebelumnya.

Untuk memulai menggambar

1 Lakukan salah satu dari yang berikut:

  • Pada layar Selamat Datang, klik Mulai dokumen Baru.
  • Di jendela aplikasi, klik File New.

2 Ketik nama file di kotak teks Nama.
3 Dari kotak daftar tujuan Preset, pilih tujuan output untuk gambar:

  • CorelDRAW default - menerapkan pengaturan default CorelDRAW untuk membuat grafik yang ditakdirkan untuk dicetak
  • CMYK Standar - menerapkan pengaturan untuk membuat grafik yang diperuntukkan untuk pencetakan komersial
  • Default RGB - menerapkan pengaturan untuk membuat grafik yang ditakdirkan untuk mencetak ke printer high-fidelity
  • Web - menerapkan pengaturan untuk membuat grafik yang ditentukan untuk Internet
  • Kustom - memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan tujuan untuk dokumen


Jika Anda tidak ingin menampilkan kotak dialog Buat dokumen baru dan lebih suka menggunakan pengaturan yang terakhir digunakan untuk membuat dokumen baru, aktifkan kotak dialog Jangan tampilkan dialog ini lagi.

Anda dapat mengembalikan kotak dialog Buat dokumen baru ketika memulai gambar dengan mengklik Opsi Alat, klik Umum di daftar ruang kerja kategori, dan mengaktifkan kotak centang Perlihatkan kotak dialog dokumen baru.




Untuk membuat preset khusus
  1. Di jendela aplikasi, klik File New.
  2. Dalam kotak dialog Buat dokumen baru, pilih pengaturan yang ingin Anda simpan sebagai tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Klik tombol Tambahkan preset.
  4. Dalam kotak dialog Tambah preset, ketikkan nama untuk preset tujuan baru.

* Anda dapat menghapus preset tujuan dengan memilih nama preset dari kotak daftar tujuan Preset dan mengklik tombol Hapus preset.



Untuk membuka gambar

  1. Klik Buka File.
  2. Cari folder tempat gambar disimpan.
  3. Klik nama file.
  4. Klik Buka.

*Untuk membuka file yang baru-baru ini Anda kerjakan, klik File Buka baru-baru ini, dan klik nama file.

Jika Anda memiliki beberapa file terbuka, Anda dapat menavigasi di antara mereka dengan mengklik Window Document, dan kemudian mengklik nama file yang ingin Anda tampilkan di jendela gambar.

Komentar (0)

Post a Comment